Rabu, 15 Februari 2012

rpp biologi kelas Xi semester 1


Rencana pelaksanaan pembelajaran

Sekolah                       : SMA N 1 Pandrah
Mata pelajaran          : Biologi
Kelas/ semester          : XI/I
Alokasi waktu            :12 jp

Sk                    :2. Memahami kegiatan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan serta pernannya dalam korteks saling temas.
Kd                   : 2.1.  Mengidentifikasi sruktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya menjelaskan sifat totipotensi sebagai daerah kultur jaringan.

Indikator  :
Ø  Siswa melakukan pengamatan dan menggambar hiasan daun di bawah mikroskop.
Ø  Mengidentifikasi ciri-ciri berbagai macam jaringan tumbuhan berdasarkan bentuk dan lokasinya.
Ø  Siswa melakukan pengamatan pada organ akar, batang dan daun dan menyebutkan jaringan-jaringan penyusunnya.
Ø  Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
Ø  Menjelaskan prinsip-prinsip dasar kultur jaringan.
Ø  Menjelaskan macam-macam organ tumbuhan dan fungsinya.


A.Tujuan :
Ø  Siswa mampu melakukan pengamatan dan menggambar hiasan daun di bawah mikroskop.
Ø  Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri berbagai macam jaringan tumbuhan berdasarkan bentuk dan lokasinya.
Ø  Siswa dapat melakukan pengamatan pada organ akar, batang dan daun dan menyebutkan jaringan-jaringan penyusunnya.
Ø  siswa dapat menjelaskan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
Ø  Siswa dapat menjelskan prinsip-prinsip dasar kultur jaringan.
Ø  Siswa dapaat menjelaskan macam-macam organ tumbuhan dan fungsinya.

B. Materi Pembelajaran
·         Srtuktur jaringan tumbuhan
·         Macam-macam jaringan tumbuhan
·         Fungsi berbagai macam jaringan tumbuhan.
·         Sifat totipotensi.
·         Prinsip-prinsip dasar kultur jaringan.

C. Model Pembelajara:
·         DI
·         NHT
·         Modifikasi

D. Motode Pembelajaran:
·         Ceramah
·         Diskusi informasi.

E. Media sumber belajar :   
Media              : Gambar
                        Sumber            : Buku paket, internet, Lks.

F. Langkah-langkah Pembelajaran
            Pertemuan I
1.      kegiatan awal
ü  Apersepsi :Apa itu sel?
ü  motivasi: Ada yang sudah tau apa itu jaringan?


2.      kegiatan inti.
o   Guru menjelaskan materi.
o   Guru membagi siswa dalam kelompok yang heterogen.
o   Siswa dalam kelompok mendiskusikan soal-soal lks.
o   guru mendatangi kelompok yang mengalami kendala dalam mengerjakan lks.
o   guru memanggil salah satu anggota kelompok untuk menjawab soal beserta alasan dari jawaban.
o   kelompok lain menanggapi, dan memberi masukan jika ada jawaban yang kurang dari kelompok yang menjawab pertanyan tadi.
o   bagi kelompok yang jawabannya betul akan di beri aplus
o   setiap kelompok akan kebagian menjawab soal.
o   guru memberi penguatan tentang jawan yang di jawab oleh anggota kelompok.


3.      kegiatan penutup.
ü  Guru menyuruh siswa menarik kesimpulan tentang materi yang telah di pelajari.
ü  Guru menyuruh siswa belajar di rumah.

pertemuan ke II
1.      kegiatan awal
ü  Apersepsi :Ada yang masih ingat tentang struktur jaringan pada tumbuhan?
ü  motivasi: Ada yang bisa menyebutkan macam-macam jaringan berdasarkan bentuknya?

2.      kegiatan inti.
o   guru menjelaskan materi secara umum.
o   guru membagi siswa dalam 6 kelompok yang heterogen.
o   guru membagikan no kepada anggota kelompok.
o   setiap kelompok terdiri dari 6 siswa.
o   siswa dalam kelompok mendiskusikan soal-soal lks yang di bagikan guru.
o   guru mendatangi kelompok yang mengalami kendala dalam mengerjakan lks.
o   setiap kelompok harus memastikan setiap anggota kelompoknya menguasai materi yang ada di LKS.
o   guru membacakan soal di lks secara acak.
o   bagi kelompok yang ingin menjawab soal di haruskan mengacungkan tangan.
o   setiap anggota yang menjawab soal, nonya di ambil.
o   bagi yang sudah tidak memiliki no di kepalanya tidak di bolehkan menjawab soal lagi.

3.      kegiatan penutup.
ü  guru memberi penguatan.
ü  guru menyuruh siswa belajar di rumah tentang materi berikutnya.

pertemuan ke-III dan ke-IV
1.      kegiatan awal
ü  Apersepsi : ada yang masih ingat macam-macam jaringan berdasarkan bentuknya?
ü  motivasi:ada yang tau struktur  jaringan yang terdapat pada organ tumbuhan?


2.      kegiatan inti.
·         Guru menjelaskan materi secara umum.
·         Guru membagi siswa dalam kelompok yang heterogen.
·         Siswa dalam kelompok mendiskusikan soal-soal lks.
·         Guru mendatangi kelompok yang mengalami kendala dalam mengerjakan lks.
·         Guru memanggil salah satu anggota kelompok untuk menjawab soal beserta alasan dari jawaban.
·         Kelompok lain menanggapi, dan memberi masukan jika ada jawaban yang kurang dari kelompok yang menjawab pertanyan tadi.
·         Bagi kelompok yang jawabannya betul akan di beri aplus
·         Setiap kelompok akan kebagian menjawab soal.
·         Guru memberi penguatan tentang jawan yang di jawab oleh anggota kelompok.

4.      kegiatan penutup.
ü  guru membimbing siswa merangkum materi.
ü  guru memberikan tugas rumah.
pertemuan ke-V
1.      kegiatan awal
ü  Apersepsi : apa itu sifat totipotensi?
ü  motivasi:ada yang tau bagai mana cara membuat kultur jaringa?
2.      kegiatan inti.
·         Guru menjelaskan materi secara umum.
·         Guru membagi siswa dalam kelompok yang heterogen.
·         Siswa dalam kelompok mendiskusikan tentang cara pembuatan kutur jaringan.
·         Guru mendatangi kelompok yang mengalami kendala.
·         setiap kelompok mempaparkan hasl diskusinya.



3.      kegiatan penutup.
ü  guru membimbing siswa merangkum materi.
ü  guru memberikan tugas rumah.


pertemuan ke-VI
1.      kegiatan awal
ü  Apersepsi : ada yang masih ingat macam-macam jaringan yang terdapat pada tumbuhan?
ü  motivasi:ada yang tau organ apa saja pada tumbuhan?

2.      kegiatan inti.
·         Guru menjelaskan materi secara umum.
·         Guru membagi siswa dalam kelompok yang heterogen.
·         Siswa dalam kelompok mendiskusikan cara .
·         Guru mendatangi kelompok yang mengalami kendala dalam mengerjakan lks.
·         Guru memanggil salah satu anggota kelompok untuk menjawab soal beserta alasan dari jawaban.
·         Kelompok lain menanggapi, dan memberi masukan jika ada jawaban yang kurang dari kelompok yang menjawab pertanyan tadi.
·         Bagi kelompok yang jawabannya betul akan di beri aplus
·         Setiap kelompok akan kebagian menjawab soal.
·         Guru memberi penguatan tentang jawan yang di jawab oleh anggota kelompok.

3.      kegiatan penutup.
ü  guru membimbing siswa merangkum materi.
ü  guru memberikan tugas rumah.

G. evaluasi/ penilaian.
1. tekhnik penilaian
o   pengisian lks
o   pekerjaan rumah
2.bentuk instrumen
o   urian(essay)
ex:sebutkan perbedaan fluem dan silem.

o   pilihan ganda
ex: pertumbuhan yang di sebabkan oleh aktifitas kambium di sebut pertumbuhan?
a.sekunder                                     d.monokotil
b. primer                                        e. monokotil
c. dikotil



Pandrah,        ,           ,2011
Mengetahui,                                                                                        Mengetahui,
           Guru Pamong                                                                                       Guru PPL

           ( Dra. Yusriti )                                                                                       ( Ikhsan )
   Nip :1963202 1989 02 2001                                                                    Npm : 080203125
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA N 1 Pandrah

(Mukhtar. Sp,d)
Nip:19570405 198012 1002





           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar